Minggu, 15 April 2012

Setiap Kali Minum Susu, Kok Saya Diare?


Assalamu’alaikum wr wb. Salam sejahtera untuk kita semua. Dalam kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang Diare yang disebabkan karena meminum susu. Bagaimana kalau setiap kali kita minum susu selalu diare? Padahal susu adalah minuman yang menyehatkan dan kaya akan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita.
Diare sehabis minum susu disebut juga Intoleransi Laktosa, tidak tahan pada salah satu komponoen susu yaitu Laktosa atau tubuhnya tidak dapat mencerna laktosa tersebut.. Laktosa itu sendriri adalah sejenis karbohidrat yang terkandung di dalam susu. Mengapa begitu? Karena enzim lactase dalam organ pencernaannya kurang, atau sel prmbentuk enzimnya kurang, atau ada kelainan-kelainan lainnya. Penyebab itu sendiri tidak di ketahui pasti. Keadaan ini dapat terjadi pada siapapun, baik bayi, anak-anak bahkan orang dewasa sekalipun. Bias juga karena factor genetik. Sedangkan idealnya, laktosa dipecah oleh enzim laktase menjadi glukosa dan galaktosa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk energy dan pertumbuhan.
Ciri-ciri penderita intoleransi laktosa adalah diare setelah minum susu. Sifat laktosa yang menarik air akan memperparah karena semakin banyak susu yang diberikan maka semakin banyak pula diarenya. Keadaan ini jiga tidak cepat di cegah akan berlanjut hingga anak usia dewasa. Kebutuhan berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam susu, bias diganti dengan pemberian susu yang bebas laktosa atau susu kedelai yang memang tidak mengandung laktosa. Solusi lain tentu dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang sehingga kebutuhan gizi dapat tercukupi.
          Alergi susu sapi. Terus apa bedanya Inoleransi Laktosa dengan alergi susu sapi. Cirri keduanya memang hampir sama. Namun alergi susu sapi disebabkan karena protein susu sapi yang terkandung didalamnya. Cirinya yaitu kemerahan pada kulit atau rasa gatal. Alergi susu sapi biasanya akan hilang dengan sendirinya seiring dengan bertambahnya usia. Untuk penderita alergi susu sapi biasanya diberikan susu sapi yang proteinnya sudah dipecah menjadi partikel-partikel kecil. Dikenal dengan istilah susu hypoallergenic. Untuk mengetahui lebih pasi apakah kita termasuk dalam orang yang menderita Intoleransi Laktosa atau alergi susu sapi sebaiknya kita pergi ke dokter atau rumah sakit untuk melakukan tes alergi.
          Saya rasa cukup untuk ulasan ini. Terimakasih dan jangan lupa mengkonsumsi makanan yang bergizi dengan seimbang. Akhir kata, wa billahitoufiq wal hidayah. Wassalamu’alaikum wr wb.
Narasumber : Dedeh Kurniasih
gambar: google.co.id
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar