Jumat, 02 November 2012

Software Simulasi


1.    Software Simulasi
1.1. Arena Software Simulation
Jenis            :  Gratis (versi edukasi) dan berbayar (versi profesional/komersil).
Kategori      :  Bisnis.
Deskripsi  : Arena software simulasi digunakan untuk membantu dan melindungi jalannya kegiatan bisnis pada sebuah perusahaan dengan menganalisis dampak global yang timbul dari dalam dan luar perusahaan untuk meningkatkan performa sebuah perusahaan tersebut, membantu untuk mengelola ide bisnis, aturan, dan strategi sebelum implementasi pada pelanggan, tanpa menyebabkan gangguan dalam pelayanan.
Kelebihan    :  
·         Memiliki modul yang kompleks untuk versi profesional (berbayar) dapat digunakan untuk menganalisis bisnis yang kompleks.
·         Dapat memperhitungkan eksperimen terbaik dalam hal kapasitas sumber daya untuk memaksimalkan throughput dalam sistem bisnis.
·         Digunakan untuk Meminimalkan biaya/memaksimalkan keuntungan sekaligus menjaga tingkat layanan pelanggan.
·         Mudah dalam hal instalasi.
Kekurangan :
·         Dibutuhkan tenaga ahli untuk menggunakan software tersebut.
·         Dibutuhkan sistem requirement yang cukup tinggi, seperti dalam hal Graphic card yang dibutuhkan minimal 512 MB DDR3 NVIDIA GeForce GTX 295.
Fitur            :
·         Mengelola proses rantai pasokan lokal dan global.
·         Analisis secara detil mengenai pergudangan, logistik, atau transportasi, militer dan aplikasi pertambangan.
·         Membuat template Arena berbasis kustom untuk jaringan pemodelan logistik agen perjalanan global.
·         Membuat template Arena berbasis kustom untuk aliran pemodelan pembuatan produsen otomotif besar.

1.2. GoldSim Simulation
Jenis            :   Gratis (versi edukasi) dan berbayar (versi profesional/komersil).
Kategori      :   Bisnis, Teknik, Ilmu Pengetahuan.
Deskripsi  : GoldSim adalah sebuah software simulasi digunakan untuk memberikan solusi dinamis dalam hal pemodelan sistem yang kompleks dalam bisnis, teknik dan ilmu pengetahuan. GoldSim mendukung analisis keputusan dan risiko dengan simulasi kinerja masa depan, sementara kuantitatif mewakili ketidakpastian dan risiko yang melekat pada semua sistem yang kompleks. GoldSim bertujuan memanfaatkan hibrida dari pendekatan simulasi dengan menggabungkan perpanjangan dinamika sistem dengan beberapa aspek dari simulasi kejadian diskrit, dan embedding mesin simulasi dinamis dalam kerangka simulasi Monte Carlo.
Kelebihan    :  
·         Powerful dalam hal Analisis Risiko dan Dukungan Keputusan.
·         Powerful dan fleksibel pada platform apa saja untuk memvisualisasikan dan mensimulasikan hampir semua jenis fisik dinamis, sistem keuangan atau organisasi.
·         Dapat Membangun model terpadu dari sistem rekayasa yang kompleks untuk memfasilitasi kehandalan.

Kekurangan :
·         Dibutuhkan tenaga ahli dengan melakukan training beberapa hari untuk dapat mengoperasikan software ini dengan baik.
·         Dibutuhkan sistem requirement yang cukup tinggi untuk dapat menampilkan graphic yang maksimal dan menjalankan software ini.
·         Instalasi yang cukup sulit dan dibutuhkan banyak modul atau add-on tambahan.
Fitur            :
·         Memfasilitasi simulasi instrumen proses keuangan dan analisis resiko untuk sistem bisnis dan keuangan.
·         Memfasilitasi risiko dan analisis kehandalan untuk sistem rekayasa yang kompleks.
·         Memungkinkan untuk mensimulasikan transportasi kontaminan di lingkungan.
·         memungkinkan untuk bekerja lebih efisien dengan menjalankan model GoldSim pada beberapa komputer di dalam jaringan.

1.3. Anomalous Medical Simulation
Jenis            : Berbayar.
Kategori     :  Medis.
Deskripsi  : Anomalous Medical Simulator merupakan software simulasi yang diperuntukkan untuk pendidikan dalam hal anatomi tubuh manusia. Siapapun dapat menggunakan software ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang anatomi manusia, anatomi sederhana dengan sistem, demonstrasi tentang bagaimana melakukan prosedur medis atau simulasi medis untuk menjelaskan penyakit dan patologi anatomi, kedokteran anomali yang komprehensif.
Kelebihan    :  
·         Tampilan user interface yang menarik dan user friendly dengan mendukung teknologi 3D.
·         Dapat digunakan pada berbagai platform komputer seperti Mac, Windows dan Linux.
·         Memiliki modul yang lengkap dan kompleks, memudahkan dalam hal mempelajari anatomi tubuh manusia secara keseluruhan.
·         Mudah dalam hal instalasi.
Kekurangan :
·         Untuk mengoperasikan software ini dibutuhkan ilmu pengetahuan dalam hal anatomi tubuh manusia.
·         Dibutuhkan sistem requirement yang cukup tinggi agar dapat mendukung teknologi 3D dan agar software tersebut dapat berjalan dengan baik.
·         Tidak ada versi gratis atau trial.
·         Sebatas ini yang disoroti hanya anatomi tubuh manusia, jika saja dibuat untuk menganalisa anatomi tubuh hewan dan tumbuhan, maka akan jadi lebih menarik lagi.
Fitur            :
·         Tampilan Medis anomali pada beberapa monitor dengan fitur Jendela Clone. Window Clone menampilkan Anatomi 3D dari jendela utama.
·         Dapat mendiagnosa beberapa penyakit yang menyerang anatomi tubuh manusia.
·         Latar belakang dapat disesuaikan. Fitur ini sangat bagus untuk mereka yang ingin memilih warna untuk mencerminkan skema warna tertentu.
·         Data yang dibuat menggunakan aplikasi pemeriksaan dan simulasi dapat disimpan ke file pasien dan dapat dibuka kembali pada fitur load.

2.    Aplikasi simulasi yang digunakan pada beberapa instansi
2.1. Simulasi Ujian Mandiri
Nama Instansi        :   Universitas Gunadarma
Jenis Simulasi        :   Edukasi
Cara Kerja     : Simulasi Ujian Mandiri ini merupakan simulasi yang digunakan sebagai pengganti Ujian Mandiri yang konvensional atau Ujian Mandiri tertulis dengan menggunakan media komputer untuk pengoperasiannya, agar lebih mudah dan tidak menghamburkan banyak kertas untuk soal ujian karena soal-soal yang dimuat sudah dalam bentuk digital. Cara Kerja dari simulasi ini ialah sebagai berikut : yang pertama dilakukan adalah mahasiswa peserta ujian mandiri memilih mata kuliah yang ingin diuji, file/soal yang dimuat adalah soal yang sesuai dengan mata kuliah yang akan diuji dalam bentuk database MS Access. Setelah soal tampil pada simulasi tersebut mahasiswa diharuskan menjawab soal-soal tersebut dengan benar, pada setiap soal memiliki bobotnya tersendiri misalnya soal yang memiliki bobot yang tinggi jika dijawab benar akan mendapatkan poin yang tinggi pula namun jika dijawab salah maka akan terjadi pinalti atau pengurangan poin sesuai dengan bobotnya masing-masing (setengah dari bobot soal tersebut) begitu juga dengan bobot yang kecil. Untuk menjawab soal yang tersedia yaitu dengan menekan tombol F1=A, F2=B, F3=C, F4=D dan F5=PASS. Jika PASS maka tidak akan mengurangi poin. Soal-soal tersebut dipilih secara acak (random). Mahasiswa disediakan 500 kali kesempatan menjawab soal selama waktu 90 menit. Jika poin yang didapat mahasiswa tersebut sudah 120 poin maka akan mendapatkan nilai A dan F9 untuk keluar aplikasi simulasi tersebut. Jika waktu yang disediakan sudah habis maka aplikasi akan tertutup dengan sendirinya.  Kemudian nilai dicetak sesuai dengan nilai yang didapatkan saat menjawab soal-soal tersebut menggunakan simulasi ujian mandiri.

2.2. Simulasi Rekening Tarif Tunggal PLN
Nama Instansi   :   PLN
Jenis Simulasi   :   Bisnis
Cara Kerja  : Simulasi pembayaran rekening listrik ini sangat membantu dalam hal memperkitakan berapa tagihan PLN yang akan dibayar. Simulasi ini sangat inovatif, dengan cara kerjanya yaitu dengan cara memasukkan tarif/daya rumah pelanggan, dan pemakaian kWh atau posisi awal dan akhir posisi meteran listrik (stand meter). Untuk posisi awal, dapat dimasukkan angka stand meter yang tertera pada struk tagihan listrik bulan sebelumnya. Namun untuk menentukan stand meter akhir agak sulit. Biasanya petugas pencatat meter PLN mengecek tiap tanggal 28 siang tiap bulan. Mungkin stand meter akhir pada simulasi bisa memasukkan angka meteran pada tanggal tersebut.

2.3. Simulasi SIM
Nama Instansi   :   POLRI
Jenis Simulasi   :   Driver Simulation
Cara Kerja       :  Simulasi SIM ini adalah sebuah simulasi yang digunakan POLRI untuk menguji layak atau tidaknya calon pengemudi untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi. Alat ini hanya terdiri dari layar dan perangkat lain yang didesain seperti mobil dan motor. Tetapi, dari simulator itu seseorang akan mengetahui dirinya mampu mengendarai mobil dan motor atau tidak. Simulasi SIM nantinya akan menguji peserta ke dalam enam bagian, slalom test (berjalan zig-zag), Trikana (berjalan membentuk angka 8), sistem pengereman, berjalan membuat V di ujung jalan, membuat letter U, menaiki jembatan, dan jalan lambat lalu mengerem. Keberadaan simulator ini sangat bermanfaat dalam menentukan kompetensi seseorang dalam berkendara. Ada empat aspek yang diuji menggunakan simulator mobil yaitu aspek reaksi, antisipasi, konsentrasi, aspek sikap dan aspek perilaku pengemudi. Setelah melalui proses itu, jika seseorang ingin mendapatkan SIM harus memperoleh skor minimal 60. Biaya yang harus dikeluarkan bagi peserta ujian Rp 50.000 (masuk ke dalam kas negara yang masuk ke dalam pendapatan negara bukan pajak (PNBP)), setelah lulus dan menyelesaikan administrasi, peserta harus menjalani tes berikutnya yakni ujian praktik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar