Rabu, 21 November 2012

Teknologi-teknologi Interface dan Fitur-fiturnya



Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam Blogger. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang teknologi-teknologi interface beserta berbagai tampilan, fitur dan implementasinya. Pertama yang akan dibahas telebih dahulu, yaitu Interface atau antarmuka.
Interface merupakan sebuah titik, wilayah atau permukaan dimana dua zat atau benda yang berbeda saling bertemu, juga digunakan secara metafora untuk perbatasan antara benda.  Dengan arti lain interface merupakan fungsi atribut sensor dari suatu sistem (aplikasi, software atau perangkat lunak, navigasi kendaraan, dan lain-lain) yang berhubungan dengan pengoperasiannya oleh pengguna.
Interface juga merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna dengan sistem. User Interface dapat menerima informasi dari pengguna dan memberikan informasi kepada pengguna untuk membantu mengarahkan alur penelusuran masalah sampai ditemukan suatu solusi. User interface berfungsi untuk menginputkan pengetahuan baru ke dalam basis pengetahuan sistem pakar (ES), menampilkan penjelasan sistem dan memberikan panduan pemakaian sistem secara menyeluruh step by step sehingga user mengerti apa yang akan dilakukan terhadap suatu sistem. Yang terpenting dalam membangun user interface adalah kemudahan dalam memakai/menjalankan sistem, interaktif, komunikatif, sedangkan kesulitan dalam mengembangkan/membangun suatu program jangan terlalu diperlihatkan. 
Interface ini memiliki beberapa macam fitur yang terdapat pada antarmuka pengguna telematika, di antaranya :

1. Head Up Display (HUD) System
Head Up Display (HUD) merupakan display transparan yang mampu menampilkan data dan indikator-indikator vital sebuah kendaraaan tanpa mengharuskan pengemudi mengalihkan pandangan dari jalanan. Awalnya HUD dikembangkan untuk penerbangan militer tetapi sekarang sudah digunakan dalam pesawat terbang komersil, mobil dan aplikasi lainnya. Panel penunjuk kecepatan mobil cukup membantu pengemudi untuk tetap fokus dan konsentrasi, terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi, pandangan mata tak perlu lagi merunduk ke arah cluster spidometer dan kawan-kawannya biasa ditempatkan.
HUD mampu bekerja penuh dalam cuaca apa pun: hujan, kabut, gelap, ataupun terik. Sebab, HUD memiliki sensor cahaya yang secara otomatis mengatur kejelasan image sesuai keadaan sekitar, sehingga pengemudi tak perlu lagi menyipitkan atau membelalakkan mata.
Tidak sampai di situ, HUD juga diharapkan mampu menjadi alat bantu ketika mengemudi dalam kabut yang tebal atau kegelapan malam. Dengan tambahan beberapa sensor sonar dan kamera night vision, kaca depan mobil nantinya mampu menunjukkan area-area penting dari jalanan yang berada di depan mobil, seperti tepi jalan, rambu, dan objek yang melintas di depannya.

2. Tangible User Interface (TUI)
Tangible User Interface merupakan user interface dimana seseorang berinteraksi dengan perangkat digital melalui lingkungan fisik secara langsung. Pada interface ini terdapat bits tangible yang digunakan untuk memberikan bentuk fisik ke informasi digital, membuat bit secara langsung dapat dimanipulasi dan dapat diamati secara langsung.
Adapun karakteristik dari TUI, diantaranya :
1.     Representasi fisik adalah komputasi digabungkan dengan informasi digital yang mendasari.
2.     Representasi fisik mewujudkan mekanisme kontrol interaktif.
3.     Representasi fisik adalah perseptual digabungkan dengan representasi digital secara aktif dimediasi.
4.     Keadaan fisik tangibles mencakup aspek kunci dari negara digital sistem.

Contoh Tangible User Interface, di antaranya :
Mesin Penjawab Marmer oleh Durrell Uskup. marmer adalah merupakan suatu pesan yang ditinggalkan di mesin penjawab. Menjatuhkan marmer ke piring pemutar,lalu memutar ulang pesan yang terkait.

3. Computer Vision
Computer Vision sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana komputer dapat mengenali obyek yang diamati/ diobservasi. Cabang ilmu ini bersama Intelijensia Semu (Artificial Intelligence) akan mampu menghasilkan sistem intelijen visual (Visual Intelligence System).
Computer Vision adalah salah satu bentuk aplikasi teknologi komputer dalam kehidupan dunia nyata (real world). Konsep dasar yang melandasi computer vision adalah computer becomes seeing machines, menjadikan komputer sebagai mesin yang mampu menangkap informasi visual yang ada di lingkungannya.
Namun komputer grafika lebih ke arah pemanipulasian gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Computer Vision adalah kombinasi antara Pengolahan Citra dan Pengenalan Pola. Pengolahan Citra (Image Processing) merupakan bidang yang berhubungan dengan proses transformasi citra/gambar (image). Proses ini bertujuan untuk mendapatkan kualitas citra yang lebih baik. 

Proses yang ada computer vision adalah menjadikan computer acts like human sight, sehingga mendekati kemampuan manusia dalam menangkap informasi visual. Untuk mendukung proses ini, maka dalam computer vision dilakukan dalam empat tahapan utama yaitu :
1.     Image acquisition merupakan proses penangkapan informasi visual dan proses pengubahan sinyal analog menjadi data digital, yang siap untuk diporoses oleh komputer.
2.      Image Processing merupakan proses pengolahan informasi image yang telah diidgitalisasi oleh converter analog ke digital.
3.      Image Analysis merupakan proses analisa terhadap image visual yang telah di proses sebelumnya. 
4.     Image Understanding dengan menerapkan konsep-konsep kecerdasan buatan -artificial intelligent-untuk memahami data visual yang ditangkapnya.
 Beberapa applikasi yang dihasilkan dari Computer Vision antara lain :
  • Medical Image Analysis – measurement and interpretation of many types of images
  • Robotic – navigation and control
  • Industrial Inspection – measurement, fault checking, process control 
  • Optical Character Recognition – text reading 
  • Remote Sensing – land use and environmental monitoring
  • Psychology, AI – exploring representation and computation in natural vision
4. Browsing Audio Data
Browsing Audio Data merupakan metode browsing jaringan yang digunakan untuk browsing video / audio data yang ditangkap oleh sebuah IP kamera. Jaringan video / audio metode browsing mencakupi langkah-langkah sebagai berikut :Menjalankan sebuah program aplikasi komputer lokal untuk mendapatkan kode identifikasi yang disimpan dalam kamera IP.Transmisi untuk mendaftarkan kode identifikasi ke DDNS ( Dynamic Domain Name Server) oleh program aplikasi.Mendapatkan kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi sehingga pasangan IP kamera dan kontrol kamera IP melalui kamera IP pribadi alamat dan alamat server pribadi compile ke layanan server melalui alamat server pribadi sehingga untuk mendapatkan video / audio data yang ditangkap oleh kamera IP, dimana server layanan menangkap video / audio data melalui Internet.

5.Speech Recognition
Dikenal juga dengan pengenal suara otomatis (automatic speech recognition) atau pengenal suara komputer (computer speech recognition). Merupakan salah satu fitur antarmuka telematika yang merubah suara menjadi tulisan. Istilah ‘voice recognition’ terkadang digunakan untuk menunjuk ke speech recognition dimana sistem pengenal dilatih untuk menjadi pembicara istimewa, seperti pada kasus perangkat lunak untuk komputer pribadi, oleh karena itu disana terdapat aspek dari pengenal pembicara, dimana digunakan untuk mengenali siapa orang yang berbicara, untuk mengenali lebih baik apa yang orang itu bicarakan. Speech recognition merupakan istilah masukan yang berarti dapat mengartikan pembicaraan siapa saja.

6.Speech Synthesis
Speech synthesis merupakan hasil kecerdasan buatan dari pembicaraan manusia. Komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech syhthesizer dan dapat diterapkan pada perangkat lunak dan perangkat keras. Sebuah sistem text to speech (TTS) merubah bahasa normal menjadi pembicaraan.


Dari beberapa fitur di atas seiring dengan perkembangan zaman dimungkinkan nantinya dapat dikembangan lebih baik lagi demi memudahkan pengguna dalam berinteraksi dengan sistem atau aplikasi dan bagaimana pengguna dapat dengan cepat dan mudah mendapatkan informasi yang diinginkan.
Sekian dari tulisan ini. Semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wr.wb.
 


Sumber :
http://mengutipilmu.blogspot.com/2012/10/definisi-interfaceantar-muka-dan.html
Gambar : Google

 

1 komentar:

  1. Nice Info Blogwalking Gan...
    http://mengutipilmu.blogspot.com/

    BalasHapus