Jumat, 25 Januari 2013

API (Application Programming Interface)



Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam Blogger. Pada tulisan kali ini saya akan mengulas tentang API (Application Programming Interface). Banyak dari kita belum mengenal istilah ini bukan, apa sih API itu sebenarnya. API atau Application Programming Interface adalah Seperangkat fungsi standar yang disediakan oleh OS atau Bahasa. Dalam Java, API dimasukkan ke dalam package-package yang sesuai dengan fungsinya.

API (Application Programming Interface) adalah sekumpulan perintah, fungsi, komponen, dan protokol yang disediakan oleh sistem operasi ataupun bahasa pemrograman tertentu yang dapat digunakan oleh programmer saat membangun perangkat lunak.
Java mengandung ratusan kelas standar seperti:
– J2SE: Edisi standar
– J2EE: Edisi enterprise (lebih banyak kelas)
– J2ME: Subset kelas standar
Kelas-kelas ini memungkinkan pembuatan program dengan mudah. API Java cukup lengkap, mulai dari yang sederhana (misalnya struktur data Stack) Sampai yang kompleks (seperti enkripsi dan akses file ZIP).
Dalam contoh program sederhana di atas, dibutuhkan setidaknya ribuan system calls per detik. Oleh karena itu Kebanyakan programmer membuat aplikasi dengan menggunakan Application Programming Interface(API). Dalam API itu terdapat fungsi-fungsi/perintah-perintah untuk menggantikan bahasa yang digunakan dalam system calls dengan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti oleh programmer. Fungsi yang dibuat dengan menggunakan API tersebut kemudian akan memanggil system calls sesuai dengan sistem operasinya. Tidak tertutup kemungkinan nama dari system calls sama dengan nama di API.
Keuntungan memprogram dengan menggunakan API adalah:
  • Portabilitas. Programmer yang menggunakan API dapat menjalankan programnya dalam sistem operasi mana saja asalkan sudah ter- install API tersebut. Sedangkan system call berbeda antar sistem operasi, dengan catatan dalam implementasinya mungkin saja berbeda.
  • Lebih Mudah Dimengerti. API menggunakan bahasa yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti daripada bahasa system call. Hal ini sangat penting dalam hal editing dan pengembangan.
System call interface ini berfungsi sebagai penghubung antara API dan system call yang dimengerti oleh sistem operasi. System call interface ini akan menerjemahkan perintah dalam API dan kemudian akan memanggil system calls yang diperlukan.
Untuk membuka suatu file tersebut user menggunakan program yang telah dibuat dengan menggunakan bantuan API, maka perintah dari user tersebut diterjemahkan dulu oleh program menjadi perintah open(). Perintah open() ini merupakan perintah dari API dan bukan perintah yang langsung dimengerti oleh kernel sistem operasi. Oleh karena itu, agar keinginan user dapat dimengerti oleh sistem operasi, maka perintah open() tadi diterjemahkan ke dalam bentuk system call oleh system call interface. Implementasi perintah open() tadi bisa bermacam-macam tergantung dari sistem operasi yang kita gunakan.
Ada tiga jenis Bahasa Pemrograman Java Application Programming Interface (API):
* inti resmi Java API, yang terdapat dalam JDK atau JRE, dari salah satu edisi dari Java Platform. Tiga edisi dari Java Platform adalah Java ME (Micro edition), Java SE (Standard edition), dan Java EE (Enterprise edition).
* Resmi opsional API yang dapat didownload secara terpisah. Spesifikasi API ini didefinisikan sesuai dengan Spesifikasi Jawa Request (JSR), dan kadang-kadang beberapa API ini kemudian dimasukkan dalam API inti dari platform (contoh yang paling terkenal dari jenis ini adalah swing).
* API tidak resmi, yang dikembangkan oleh pihak ketiga, tetapi tidak berkaitan dengan JSRs apapun.

Pihak-pihak ketiga dapat dengan bebas mengimplementasikan spesifikasi JSR API resmi (bahkan untuk API inti dari bahasa), memberikan bahwa mereka menyesuaikan diri dengan Teknologi Kompatibilitas Kit (TCK) untuk JSR ini (yang TCK adalah paket tes yang memeriksa kesesuaian dari implementasi untuk JSR). The result of this freedom is that many official APIs have more implementations than the Sun’s Reference implementation (RI). Hasil dari kebebasan ini adalah bahwa banyak API resmi memiliki lebih implementasi daripada Matahari pelaksanaan Referensi (RI). Anda dapat menggunakan kelas Java dan API untuk mengakses konten di berbagai server konten.
The DB2 Content Management pusat informasi yang menyediakan dokumentasi API berikut:
* Kelas Java dan API
* JavaBeans
* C + + kelas dan API
* Tabel kontrol sistem
* Perpustakaan pengguna server keluar
* DB2 Content Manager aturan sistem konektor
Berikut ini adalah sebagian daftar Application Programming Interface (API) untuk Java Programming Language.
* Java Platform, Standard Edition (Java SE)
* Bundled 1.1.1 API (bagian dari standar download)
* Opsional 1.1.2 API (download terpisah)
* Java Platform, Enterprise Edition (Java EE)
* Bundled 1.2.1 API (bagian dari standar download)
* Opsional 1.2.2 API (download terpisah)
* Java Platform, Micro Edition (Java ME)
* Unofficial API (Dirilis oleh pihak ketiga)
Cara Memakai API
  • Dilakukan dengan mengimpor package/kelas import java.util.Stack;
  • Ada beberapa kelas bernama sama dipackage yang berbeda, yaitu :
– import salah satu dan gunakan nama lengkap untuk yang lain, atau
– gunakan nama lengkap semua kelas
Uraian diatas menerangkan tentang API secara lebih rinci, namun dalam penggunaannya API sangatlah mempunyai peranan penting dalam aplikasi tersebut salah satu contoh kasus penyebab kesuksesan dari Facebook twitter dan bahkan google serta jejaring sosial media sekalipun dalam menjaring pengguna adalah dengan menerapkan teknik Web Terbuka menggunakan API tersebut. Web terbuka mengijinkan aplikasi lain atau pihak ketiga dan bahkan pengembang  untuk memanfaatkan fasilitas-fasilitas pada web tersebut. Melalui API (aplication Programming Interface) merupakan solusi, pengembang aplikasi atau web bisa mengkomunikasikan dengan layanan web lainnya.
API merupakan serangkaian intruksi dan standar pemrograman untuk mengakses aplikasi atau layanan berbasis web. Sebagai contoh adalah ebay.com. Sehingga website lain bisa mengakses informasi-informasi produk, memposting link langsung ke produk-produk ebay.
API dalam penggunaan Google Map :

API dalam penggunaan Twitter pada Ubersocial :


Sumber:
http://www.rey1024.com/2009/11/application-programming-interface/
http://bebas.vlsm.org/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-1/ch06s05.html
http://joanmathilda.wordpress.com/2009/11/29/application-programming-interface-api/


3 komentar:

  1. mantappp.... visit me http://dumay4.blogspot.com

    BalasHapus
  2. thanks,, lengkap infonya,, kemungkinan API bisa jadi advertise terbaik

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus