Senin, 18 Oktober 2010

Penerapan Etika Lingkungan

Tema : Sumber Daya Alam terbatas, karena itu perlu dihemat.
Assalamu’alaikum wr wb. Salam ngeblogs. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang penerapan etika lingkungan di dalam kehidupan masyarakat modern sekarang ini. Hal-hal yang melatar belakangi terbentuknya artikel ini yaitu saya melihat masih banyak sekali masyarakat yang bersikap boros dan seenaknya sendiri dalam menggunakan SDA yang ada tanpa memperhitungkan dampak apa saja yang ditimbulkan di masa depan nanti.
Kita sebagai manusia sebenarnya paling beruntung dan paling sempurna disbanding makhluk-makhluk lain ciptaan-NYa. Allah swt telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita semua umatnya dan kita juga harus mensyukuri segala nikmat yang telah diberikan oleh-Nya. Salah satu nikmat yang Allah swt berikan kepada kita yaitu Allah swt memberikan kita sumber daya alam yang melimpah ruah di negeri kita ini. Sumber Daya Alam itu sendiri terbagi dalam 2 jenis yaitu, SDA yang dapat diperbaharui dan SDA yang tidak dapat diperbaharui. Adapun SDA yang dapat diperbaharui kembali yaitu, air, udara, tanah, dan tumbuhan. Begitu juga dengan SDA yang tidak dapat diperbaharui kembali dan lama-kelamaan akan habis diantaranya, batu bara, minyak bumi, dan lainnya.
Di masa modern seperti sekarang ini sering kali terjadi pemanasan global. Pemanasan global tersebut merupakan perbuatan yang dilakukan oleh tangan manusia itu sendiri dan dapat menimbulkan efek yang sangat tidak baik dan dapat menyebabkan bencana-bencana alam yang tidak kita inginkan. Hal ini juga menyebabkan kelembaban udara menjadi asam dan polusi juga terjadi dimana-mana dan dapat menambah keasaman udara serta menipisnya lapisan ozon bumi kita.
Air merupakan salah satu SDA yang dapat diperbaharui tapi mengapa masih banyak penduduk daerah-daerah terpencil di Negara kita yang tidak dapat merasakan air yang bersih karena air bersih langka. Hal ini disebabkan karena ulah tangan manusia itu sendiri yang tidak dapat menggunakan air bersih seefisien mungkin dan banyak sumber-sumber mata air yang dijadikan tempat pembuangan sampah yang dapat menyebabkan air menjadi kotor dan tercemar.
Minyak bumi merupakan salah satu SDA yang tidak dapat diperbaharui. Salah satu contoh dari minyak bumi yaitu, BBM (Bahan Bakar Minyak). Mengapa harga BBM di dunia naik? Karena BBM di dunia itu jumlahnya semakin sedikit. Hal itu disebabkan karena Begitu banyaknya para pengendara kendaraan bermotor di dunia yang menggunakan BBM setiap hari untuk melakukan berbagai aktivitas. Lama-kelamaan BBM akan habis juga. Apa yang terjadi apabila BBM habis, mungkin nanti orang-orang untuk mencapai tempat yang akan dituju harus dengan berjalan kaki.
Maka dari itu marilah kita semua menghemat SDA yang ada di Bumi kita agar kelak anak cucu kita juga dapat merasakan salah satu nikmat yang Allah berikan tersebut kepada kita. Tidak sulit untuk menjaga agar SDA dapat dinikmati di masa depan. Hanya dengan cara menghemat, Jangan boros menggunakan SDA, gunakan seperlunya saja dan jaga SDA dengan baik serta jangan merusaknya.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan dapat menyadarkan kita akan pentingnya menghemat SDA yang ada di negeri tercinta ini agar anak cucu kita nanti juga dapat merasakannya kelak di masa depan nanti. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan. Terimakasih. Wassalamu’alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar