Selasa, 20 Maret 2012

Peranan Sistem Informasi Dalam Pembangunan


Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam blogger untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang peranan sistem informasi dalam pembangunan. Di era globalisasi ini Kemajuan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pembangunan dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, namun di negara berkembang manfaaat pembangunan tersebut belumlah merata, karena laju perkembangan IPTEK di negara maju begitu cepat sehingga negara berkembang belum mampu untuk mengantisipasi dan mengaplikasikannya secara cepat.
Di Indonesia melaksanakan pembangunan berkesinambungan yang berwawasan lingkungan dimana setiap pembangunan ditujukan untuk meningkankan manfaat (dampak positif), dan mengurangi resiko (dampak negatif) yang tanpa direncanakan merupakan dampak dari setiap rencana kegiatan pembangunan. Sehingga dalam proses pembangunan di Indonesia memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas manusia, berbeda dengan negara-negara berkembang, karena Indonesia lebih berfokus pada proses pembangunan yang meningkatkan kualitas material, tetapi memperhatikan kualitas spritual tetap manusia, yang selaras dan seimbang dengan lingkungan alam.
Oleh karena itu Pembangunan berwawasan lingkungan pada program pembangunan jangka panjang pada tahap kedua perlu ditunjang dengan suatu sistem informasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Sedangkan menurut para ahli berpendapat sistem sangat bermanfaat untuk dipergunakan sebagai alat, untuk mendekati suatu sistem pendekatan dan sistem informasi.
Kemudian Pengertian informasi adalah suatu kesatuan pernyataan pandangan, fakta, konsep atau ide, yang berhubungan erat dengan pengetahuan, yang mana apabila informasi tersebut diasimilasikan, dikorelasikan dan dimengerti akan menjadi suatu pengetahuan. Dan Sistem informasi adalah suatu sistem formal mengenai hal melaporkan, menggolongkan dan menyebarkan informasi kepada orang-orang yang tepat. Ataupun dapat juga diartikan sitem informasi adalah proses komunikasi, dimana informasi masukan (input) direkam, disimpan dan diperoleh kembali (diproses) bagi keputusan. Sistem informasi yang dirancang khusus untukk mengelola komponen kegiatan lingkungan, yang mengelola informasi produk serta proses lingkungan untuk menanggulangi atau mengurangi masalah pencemaran lingkungan. Setiap hasil penemuan ilmiah dan produk-produk lingkungan informasinya perlu didokumentasikan direkam informasinya dalam bentuk buku (laporan, tabloid, majalah, dll).
Sistem informasi sangat berperan untuk menterpadukan semua unsur-unsur dan saling berhubungan sehingga sistem informasi tersebut harus dipandang sebagai suatu sistem tunggal, akan tetapi cukup kompleks sehingga perlu diuraikan menjadi subsistem-subsistem untuk perencanaan dan pengendalian pengembangannya serta untuk mengendalikan operasinya. Penguraikan informasi menjadi subsistem-subsistem dan subsistem-susbsistem yang lebih kecil penting sekali karena hal ini memungkinkan dilaksanannya penguraian lebih lanjut setiap subsistem diuraikan dan dirancang secara cermat sehingga sesuai dengan batas-batas yang telah ditentukan untuk itu, dan dapat berhubungan dengan tepat, maka bagian-bagian akan sesuai dan bekerja sama sepenuhnya.
Di dalam proses Pembangunan terdapat beberapa Teori yang muncul, diantaranya muncul teori-teori ketergantungan dan teori keterbelakangan secara garis besar, yang dimaksud dengan teori ketergantungan adalah suatu keadaan dimana keputusan-keputusan utama yang mempengaruhi kemajuan ekonomi di negara berkembang seperti keputusan mengenai harga komoditi, investasi, hubungan moneter, dibuat oleh individu atau institusi di luar negara yang bersangkutan. Sedangkan teori keterbelakangan meliputi tiga tahapan yaitu tahap impor dan tahapberkembangnya perusahaan multi-nasional. Terdapat juga tahapan keempat tahap yaitu menunjang proses keterbelakangan ini, yaitu semakin mantapnya elit-elit lokal domestik di negara berkembang oleh elit internasional.
Suatu analisis kelas menunjukkan bahwa kepemimpinan di banyak negara berkembang khususnya di negara yang paling terintegrasi ke dalam ekonomi pasar dunia, adalah didukung oleh jalinan hubungan-hubungan bisnis, pendidikan, sosial dan politik. Dapat perlu diketahui pula Teknologi dan organisasi dapat dikelola, dan ditingkatkan untuk memberi jalan bagi era baru pertumbuhan ekonomi. Kemiskinan dapat hilang atau dihindari dengan memenuhi kebutuhan dasar dan menyediakan kesempatan untuk memenuhi kebutuhan dasar dan menyediakan kesempatan untuk memenuhi cita-cita akan kehidupan yang lebih baik.

Dunia yang miskin akan sering mengalami bencana ekologis dan bencana lainnya. Pemenuhan kebutuhan pokok memerlukan tidak hanya era baru pertumbuhan ekonomi bagi negara-negara yang mayoritasnya miskin, akan tetapi juga jaminan bahwa yang miskin tersebut memperoleh sumber daya yang menjadi bagiannya secara wajar agar pembangunan itu berkelanjutan. Kesamaan demikian ini akan terbantu secara efektif dalam pengambilan keputusan. Dalam pengertian yang luas, strategi pembangunan berkelanjutan bermaksud mengembangkan keselarasan antar umat manusia serta antara manusia dengan alam. Upaya-upaya yang perlu dilaksanakan dalam pembangunan berkelanjutan:

·        Menggiatkan kembali pertumbuhan.
·        Mengubah kualitas pertumbuhan.
·        Memenuhi kebutuhan pokok manusia berupa lapangan kerja, pangan, energi, air dan sanitasi.
·        Mengendalikan jumlah penduduk pada tingkat yang berkelanjutan atau menunjang kehidupan selanjutnya.
·        Menjaga kelestarian dan meningkatkan sumber daya.
·        Mereorientasikan teknologi dan mengelola resiko.
·        Menggabungkan lingkungan dan ekonomi dalam pengambilan keputusan.

Pencapaian pembangunan berkelanjutan masyarakat :
·        Satu sistem politik yang menjamin partisipasi efektif masyarakat dalam pengambilan keputusan.
·        Satu sistem ekonomi yang mampu menghasilkan surplus serta pengetahuan teknis berdasarkan kemampuan sendiri dan bersifat berlanjut. Satu sistem sosial yang memberikan penyelesaian bagi ketegangan-ketegangan yang muncul akibat pembangunan yang tidak selaras.
·        Suatu sistem produksi yang menghormati kewajiban untuk melestarikan ekologi bagi pembangunan.
·        Suatu sistem teknologi yang dapat menemukan terus menerus jawaban-jawaban baru.
·        Suatu sistem internasional yang membantu perkembangan hak-hak perdagangan dan hubungan yang berlanjut, dan
·        Suatu sistem administasi yang luwes dan mempunyai kemampuan memperbaiki diri.

Berikut prinsip-prinsip mendukung jalannya Pembangunan yang berkelanjutan :

a. Pembangunan berkelanjutan menjamin pemerataan dan keadilan sosial.
Keperdulian utama dari suatu pembangunan yang berkelanjutan adalah menjawab pertanyaan tentang pemerataan. Untuk generasi masa kini dan generasi mendatang. Strategi pembangunan harus dilandasi "premis" padahal seperti : lebih meratanya distribusi sumber daya lahan dan faktor produksi, lebih meratanya peran dan kesepatan, dan pada pemerataan ekonomi yang dicapai dengan keseimbangan distribusi kesejahteraan. Akan tetapi, pemerataan adalah konsep yang relatif dan tidak secara langsung dapat diukur.

b. Pembangunan berkelanjutan menghargai keanekaragaman (Diversity).
Pemeliharaan keanerkaragaman hayati adalah persyaratan untuk memastikan
bahwa sumber daya alam selalu tersedia secara berkelanjutan untuk masa kini dan masa datang. Keanekaragaman hayati juga merupakan dasar bagi keseimbangan tatanan lingkungan (ecosystem). Pemeliharaan keanekaragaman budaya akan mendorong perlakuan yang merata setiap orang dan membuat pengetahuan terhadap tradisi berbagai masyarakat dapat dimengerti oleh masyarakat.

c. Pembangunan berkelanjutan Menggunakan pendekatan Integratif.
Pembangunan berkelanjutan mengutamakan keterkaitan antara manusia dengan alam manusia mempengaruhi alam dengan cara yang bermanfaat atau merusak. Hanya dengan memanfaatkan pengertian tentang kompleksnya keterkaitan antara sistem alam dan sistem sosial. dan dengan menggunakan pengertian ini
melaksanakan cara-cara yang lebih integratif dalam pelaksanaan pembangunan,
keberlanjutan masa depan dimungkinkan.

d. Pembangunan berkelanjutan Meminta Perspektif Jangka Panjang.
Masyarakat biasanya cenderung menilai masa kini lebih dari masa depan. Implikasi pembangunan berkelanjutan merupakan tantangan yang melandasi
penilaian ini.

Kita dapat tarik kesimpulan bahwa pemanfaatan Sistem Informasi secara efektif akan membuat pengembangan dan penelitian hanya membutuhkan waktu yang singkat sehingga mengakibatkan daur hidup produk lebih singkat. Hal yang sama juga terjadi pada advertensi dan distribusi akan menyebabkan pesaing menguasai pasar dengan lebih cepat dibandingkan sebelumnya. Keterbatasan geografi, jarak dapat diminimalkan dengan adanya perbaikan teknologi komunikasi dan transportasi. Pada umumnya individual even akan lebih sering terjadi dan lebih pendek dalam durasinya yang menstimulir tempo yang tinggi pada lingkungan.
Perubahan peranan teknologi informasi didalam organisasi merupakan sebuah
transisi dari era industrialisasi ke era informasi dan jasa. Perubahan
permintaan akan produk dan jasa berubah pada era ini jelas memberikan
pengaruh bagaimana cara mengorganisasikan organisasi atau perusahaan dan
bagaimana cara untuk menjadikan organisasi kompetitif. Sekian dari tulisan ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih :) Wassalamu’alaikum wr.wb.


Sumber:
Moekijat, 1986, Sistem Informasi Manajemen. Remaja Karya, Bandung.
Jaya Weera, Neville (Edit), 1987, Rethinking Develovment Communication. AMIC,
Singapore.
Bahan-bahan WORKSHOP ENSICNET-INDONESIA, Tangga1 24-25 November 1992,
Bandung.
Juli, S.S, 1990, Keperdulian Masyarakat Terhadap lnformasi llmiah. Bandung.
Mowlana, Hamid, 1990, The Passing of Modernity Longman. New York, London.
Murdick, Robert. G, 1993, Sistem Informasi Untuk Management Modern. Erlangga,
Jakarta.

1 komentar:

  1. maaf ya teman, mau kasih masukan nih sekarang kita udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill sebaiknya blog anda disisipkan link Universitas Gunadrma yaitu gunadarma.ac.id guna sebagai identitas kita sebagai mahasiswa gunadarma dan juga salah satu kriteria penilaian mata kuliah softskill..terima kasih

    BalasHapus