Selasa, 20 Maret 2012

Konsep Penulisan Ilmiah

Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam blogger untuk kita semua. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang konsep penulisan ilmiah saya dengan tema Sistem Informasi Manajemen Persediaan Barang.  
Perkembangan media teknologi dalam penyampaian informasi semakin lama maka semakin cepat dan akurat. Untuk itu dalam mengelola informasi dibutuhkan teknologi yang baik, karena informasi mempunyai nilai yang sangat besar bagi suatu perusahaan atau instansi tersebut.
Persediaan barang merupakan bagian yang sangat penting bagi suatu perusahaan. Persediaan barang merupakan salah satu tugas dari manajemen logistik dalam suatu perusahaan, yaitu dukungan dalam pengadaan barang untuk seluruh keperluan perusahaan. Agar dukungan tersebut dapat di manfaatkan perlu perencanaan dan di lakukan secara terpadu, yang berarti saling berkaitan dan mendukung antar elemen yang terkait.
Di dalam proses pencatatan dan penghitungan yang dilakukan pada perusahaan tersebut sampai saat ini masih menggunakan sistem manual, mulai dari proses pemesanan barang kepada supplier, proses penerimaan barang, proses barang masuk ke gudang, sampai pembuatan laporan yang ditujukan kepada pimpinan.
Untuk mengatasi masalah di atas, maka perlu informasi yang didistribusikan secara komputerisasi agar infomasi yang diberikan lebih akurat, efisien dan cepat guna untuk mengambil suatu keputusan dalam mewujudkan tujuan dari perusahaan. Maka di buatlah suatu aplikasi persediaan barang di LiverMart dengan menggunakan Visual Basic.NET yang akan membantu dalam proses pengolahan data secara tersistem.
Tujuannya untuk Mempercepat proses pencatatan data, pencarian data, penyajian data serta meminimalkan adanya kesalahan, ketidak akuratan pencatatan, dan kehilangan data dalam persediaan barang. Merancang sebuah sistem informasi persediaan barang pada LiverMart secara terkomputerisasi.
Gambaran Umum
Persediaan barang adalah sejumlah barang yang disimpan dan dirawat,  menurut aturan tertentu di dalam tempat persediaan agar selalu dalam keadaan siap pakai dan ditata dalam buku perusahaan. Barang yang sering di jumpai baik gudang lapangan, gudang tertutup, maupun terbuka yang jenisnya dapat berupa bahan baku, barang jadi, maupun barang setengah jadi. Oleh karena itu di tempuh strategi manajemen tertentu yang bertujuan menjaga sedemikian rupa sehingga tingkat persediaan barang dapat ditekan seminimal mungkin namun dilain pihak harus di usahakan agar penjualan tidak terganggu. Dan untuk menghasilkan strategi yang baik dalam persediaan barang di butuhkan manajemen yang kegiatannya berhubungan dengan perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan penentuan kebutuhan material sedemikian rupa sehingga dilain pihak dapat di penuhi dengan tepat pada waktunya.
Dengan adanya aplikasi ini, perusahaan dapat melihat persediaan barang tanpa jangka waktu tertentu dan dapat lebih teratur dalam proses transaksi persediaan barang. Perusahaan dapat meminimalkan penggunaan kertas yaitu kartu stock persediaan dan dalam penyimpanan data lebih terjamin. Selain mendapatkan informasi mengenai pemasukan dan pengeluaran barang tetapi juga mendapatkan informasi, data stock barang, data supplier, dengan waktu yang tidak di tentukan. Sekian dari tulisan ini. Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamu’alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar