Sabtu, 16 Maret 2013

SIG Cara Mendapatkan Informasi Lokasi Geografis dengan Mudah

Assalamu'alaikum wr.wb. Salam Blogger!
Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang SIG (Sistem Informasi Geografis) dan beberapa cara untuk mendapatkan informasi dari sebuah tempat atau lokasi geografis yang ada di bumi. Apa sih itu SIG?. Menurut Aronoff (1989), SIG adalah sistem informasi yang didasarkan pada kerja komputer yang memasukkan, mengelola, memanipulasi dan menganalisa data spasial serta memberi uraian. Data spasial dengan kata lain juga dapat dikatakan data keruangan. Menurut Berry (1988), SIG merupakan sistem informasi serta otomatisasi data keruangan. SIG memiliki kapabilitas menghubungkan berbagai lapisan data (layer) di suatu titik yang sama pada tempat tertentu, mengkombinasikan, manganalisis data tersebut dan memetakan hasilnya.
Perbedaan yang sangat mencolok antara Sistem Informasi biasanya dengan Sistem Informasi Geografis yaitu terletak pada datanya dimana pada Sistem Informasi Geografis data yang akan diolah menjadi informasi nantinya adalah data keruangan atau data spasial. Dari data spasial itulah nantinya didapatkan data non-spasial atau disebut juga data atribut yang bertujuan untuk memperjelas data spasial tersebut lebih lanjut. Beberapa tujuan SIG adalah menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospasial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota, dan pelayanan umum lainnya. Jadi dengan simpel, SIG berarti bentuk khusus dari sistem informasi yang diaplikasikan ke data geografis.
Pada zaman modern ini teknologi terus berkembang pesat begitu juga SIG dan aplikasi-aplikasi yang mengimplementasikan SIG terus menjamur demi memudahkan kita pengguna akhir untuk bisa mendapatkan informasi lokasi geografis yang diinginkan dengan cepat dan mudah, baik itu yang diimplementasikan pada desktop, web, mobile phone/smartphone, atau bahkan suatu alat yang berada di dashboard mobil kita.
Pada salah satu contoh kasus kita ingin mencari informasi lokasi dari sebuah Sekolah Menengah Atas di Jakarta misalnya, SMA 70 Jakarta. Untuk mendapatkan informasi geografis SMA tersebut banyak cara yang dapat kita gunakan. Untuk mendapatkan berapa nilai lintang dan bujur atau Latitude dan Longitude dari SMA tersebut kita bisa menggunakan Google Map pada web browser menggunakan PC atau GoogleMap app. Yang ada pada smartphone Android kita, Google Earth untuk lebih kompleksnya dengan fitur 3D yang menarik, dan juga beberapa aplikasi lainnya.
Pada kesempatan kali ini saya mencari lokasi geografis dari SMA 70 Jakarta dengan menggunakan Google Map pada web browser di PC. Berikut ini beberapa langkah utntuk mendapatkan informasi letak geografis SMA tersebut :
    1. Langkah pertama yang harus kita lakukan yaitu membuka http://www.google.com kemudian pilih tab Maps atau http://maps.google.com/maps , kemudian akan muncul tampilan dari laman Google Maps sebagai berikut.

    Secara default akan menampilkan peta benua Amerika.

    2. Langkah selanjutnya yaitu ketikkan lokasi yang ingin kita cari pada textboxt search, dalam kassus ini adalah SMA 70 Jakarta. Kemudian klik tombol Search / icon kaca pembesar atau tekan Enter sebagai berikut.
    Setelah itu akan tampil informasi dari SMA 70 Jakarta sebagai berikut :
untuk mendapatkan info lebih rinci dari SMA 70 Jakarta kita dapat klik more info. Kita juga bisa mendapatkan petunjuk arah atau directions dengan menggunakan fitur directions dengan cara klik Directions untuk memudahkan kita mencapai lokasi tersebut misalnya dari rumah kita ke SMA 70 Jakarta jalur yang digunakan yang mana saja agar cepat sampai.

Kemudian klik Get Directions, kemudian akan mendapatkan petunjuk arah dari tempat kita ke tempat tujuan sebagai berikut.
Dan ada fitur menarik yang paling saya suka dari google map get directions ini yaitu terdapat pada pojok kiri browser kita, yup Suggested Routes. Ada beberapa Jalur terbaik yang disarankan Google Map diurut menurut waktu tempuhnya sebagai berikut.
Dan fitur Driving direction yang satu ini yang buat saya makin takjub dengan aplikasi ini.
3. Langkah terakhir untuk mendapatkan Latitude dan Longitude memang agak cukup ribet kali ini dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang sudah tampil ketika kita klik lokasinya entah apa yang terjadi, pihak google lah yang tahu :) . Tips untuk mendapatkan Latitude dan Longitude saat ini bisa menggunakan aplikasi lain atau sedikit 'improvisasi' yaitu dengan klik tombol link di tools sebelah kanan atas akan tampil sebagai berikut :
 
kemudian klik textbox "Paste HTML to embed in website". pada textbox tersebut terdapat latitude dan longitude jika kita cermati lebih dalam. Latitude dan longitude terletak setelah kode "ll=" seperti gambar di atas. Latitude yang didapat yaitu -6.311828 dan Longitude yang di dapat yaitu 106.817318.

Jadi Informasi apa yang kita dapatkan dari SMA 70 Jakarta dengan menggunakan Google Map ini. Yup, kita mendapatkan informasi letak geografis dengan acuan latitude dan longitude serta juga atribut yang memperjelas SMA 70 Jakarta lebih lanjut seperti alamat, no. telepon, dan lain sebagainya.

Dengan adanya SIG dan aplikasi-aplikasi yang mengimplementasikan SIG ini membuat kita dapat dengan mudah mencari dan mendapatkan informasi letak geografis lokasi yang kita inginkan dengan cepat, mudah dan yang terpenting hemat biaya ya.

Sekian dari tulisan ini semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum wr.wb.


 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar