Sabtu, 09 Maret 2013

2. Pemrograman yang telah saya pelajari dan saya kuasai

Assalamu’alaikum wr.wb. Salam Blogger.
Dari beberapa pemrograman yang ada seperti VB, Borlan Delphi, PHP, Java, C++, HTML, Phyton, Java Android + XML dsb. Semua yang disebut tadi atau beberapa yang lainnya sudah pernah saya pelajari baik itu sejak waktu SMA atau dalam perkuliahan di kampus ataupun belajar secara otodidak belajar melalui internet, bergabung dengan forum-forum yang membahas tentang pemrograman tersebut, dan juga membaca buku-buku yang relevan dengan pemrograman yang sedang di pelajarari atau yang sedang ‘ngebet banget’ atau penasaran kepingin bisa menguasainya.
Beberapa ada yang saya sudah kuasai lumayan baik seperti VB, Delphi, Java, HTML dan Java Android + XML. Untuk Phyton, C++, dan beberapa lainnya mungkin hanya sekedar bisa saja dan mungkin saya juga kurang tertarik dengan pemrograman tersebut. Waktu SMA saya sekolah di salah satu SMA plus di Cibinong yang pada setiap hari sabtu semua siswa diwajibkan untuk memilih jurusan ‘plus’ apa yang mereka ingin ikuti, hari itu disebut juga studentday. Saya memilih jurusan Komputer yang terbagi 2 kelas yaitu Pemrograman Web dan Visual Basic. Waktu itu saya kurang tertarik dengan Web maka saya memilih masuk kelas VB. Mungkin menurut saya VB adalah pemrograman yang paling saya kuasai terlebih lagi pada saat itu :) hehe.
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.
Dari beberapa pemrograman yang telah saya pelajari VB inilah yang menurut saya lebih nyaman digunakan, karena kita tidak perlu susah-susah dalam hal mendesain form dan dapat langsung melakukan coding-nya beda dengan Java yang mana untuk desain dan modulnya biasanya terpisah. Namun yang jadi kendala adalah mungkin lisensi untuk Software VB-nya yang menyediakan modul-modul yang kompleks harganya sangat mahal [bagi saya :) ].

Untuk pemrograman Java Android + XML mungkin ini lah yang paling saya kuasai mendalam dan masih fresh di otak saya pada saat ini dikarenakan pada waktu membuat sebuah aplikasi untuk Penulisan/Penelitian Ilmiah pada semester kemarin saya menggunakan pemrograman tersebut. Pemrograman tersebut walaupun sedikit rumit ketimbang VB namun yang terpenting adalah Open Source. Pemrograman Java untuk Android berbeda dengan pemrograman Java biasanya. Jika dibandingkan dengan keduanya saya lebih nyaman menggunakan pemrograman Java Android karena menurut saya lebih mudah dan tidak membingungkan dalam hal desai tampilan form yang bisa menggunakan XML atau bahkan HTML5.
Java adalah bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh James A. Gosling di dalam inkubator SUN MicroSystem (kini bagian dari ORACLE). Android menggunakan Java sebagai bahasa pemrograman aplikasi Android.
Nah itulah beberapa pemrograman yang pernah saya pelajari. Menarik belajar pemrograman, dapat melatih kesabaran juga lho hehe dan yang pastinya rasa puas dan bangga plus nagih kalau permasalahan yang ada dapat terselesaikan. Jadi Keep Calm and Keep Coding! Sekian dari tulisan ini. Terimakasih.
Wassalamu’alaikum wr.wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar