Sabtu, 09 Maret 2013

3. Aplikasi Sistem Informasi yang pernah saya buat

Assalamu’alaikum.wr.wb.
Berbicara sistem informasi dan beberapa pemrograman pada tulisan sebulumnya kurang afdol jika tidak membuat atau mencoba membangun Sistem Informasi buatan kita sendiri bukan :).
Beberapa Aplikasi Sistem Informasi yang pernah saya buat diantaranya :
1.     Aplikasi Sistem Infromasi Karang Taruna. Aplikasi ini saya buat untuk desktop menggunakan pemrograman VB pada saat kelas 2 SMA saya mengikuti sebuah lomba TI kategori program yang diadakan SMA saya dan Alhamdulillah saya berkesempatan menjadi juara 1 waktu itu. Peserta yang lain tidak kalah hebatnya, mungkin kelebihan aplikasi saya pada saat itu yaitu saya sudah terdapat database jadi aplikasi menjadi dinamis dan tidak statis yang mana pada saat itu database masih sangat awam untuk anak-anak SMA [mungkin kali yah itu jadi faktor utamanya :)].
2.     Aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan SMA. Aplikasi ini saya buat menggunakan pemrograman VB untuk desktop. pada kelas 3 SMA dan juga untuk lomba TI kategori program, dan Alhamdulillah saya berkesempatan menjadi Juara 1 lagi. Sebenarnya aplikasi yang saya buat masih sangat sederhana dalam hal aplikasi SI perpustakaan. Aplikasi yang saya buat hanya memudahkan pegawai perpustakaan dalam menambah data buku termasuk membuat kategori, ada juga fitur peminjaman termasuk data peminjam buku dan pengembalian buku dan lain sebagainya. Yang saya rasa masih kurang kompleks. Andai saja database yang digunakan dapat ‘Life Time’ pada saat itu pasti lebih meenarik.
3.     Aplikasi Sistem Informasi Apotek. Aplikasi ini saya buat masih menggunakan pemrograman VB pada semester 3 untuk lomba yang diselenggarakan pihak kampus. Aplikasi berhasil dibuat dan proposal syarat lomba pun sudah diserahkan ke panitia. Namun pada tahap presentasi kebetulan saya sakit jadi tidak bisa ikut lombanya :(. Mungkin gara-gara waktu itu begadang sampe pagi soalnya waktu yang disediakan untuk membuat proposal dan aplikasi sangat mepet [curhat]. Aplikasi SI Apotek ini hamper mirip seperti aplikasi penjualan pada umumnya, ya yang membedakan barang yang dijualnya saja yaitu obat-obatan dan lain sebagainya. Ada beberapa fitur di ataranya : Input, delete, update data barang, fitur penjualan, diskon, struk pembelian menggunakan Crystal Report dan lain sebagainya.
4.     Aplikasi Sistem Informasi persediaan dan penjualan barang ‘Livermart’ untuk smartphone Android. Aplikasi ini saya buat untuk Penulisan/Penelitian ilmiah saya pada semester kemarin untuk mobile smartphone Android. Aplikasi ini hampir mirip dengan aplikasi penjualan pada desktop, hampir semua fitur sama, hanya saja diaplikasikan di smartphone Android. kendalanya pada pencetakan laporan dan struk pembelian masih belum sempurna. Latar belakang yang mendasari sebenarnya adalah smartphone Android itu sendiri, sempat pusing 7 keliling mau buat apa ya? Pada waktu itu. kalau Aplikasi SI penjualan pada desktop sudah banyak sekali atau bahkan mungkin yang lain bisa bilang ‘ah itu mah sudah basi’ :( agak sakit hati juga sih kalo denger begitu. Namun tantangannya ini diaplikasikan pada smartphone Android, nah ini yang membuat saya sangat tertarik. Awalnya saya sangat ‘buta’ sekali tentang android dan bahkan saya bukan pengguna smartphone anroid sebelumnya pada waktu itu. Penasaran dan agak sedikit panik dan rasa takut gagal saya mulai belajar Android cari buku sana sini, main-main ke web forum-forum pemrograman Android dalam dan luar negeri dan akhirnya sedikit mengerti dan memberanikan untuk mengajukan Aplikasi ini kepada Dosen Pembimbing dan di ACC juga. Sidang lancar jaya :) dan Alhamdulillah nilai pun aman.
5.     Aplikasi Sistem Informasi dan Peta Lokasi Unit Pelayanan Teknis ‘salah satu kementerian’ untuk smartphone Android. Aplikasi ini saya buat untuk membantu kakak saya yang bekerja di kementerian tersebut  dalam menyelesaikan sebuah pekerjaannya yaitu dengan memanfaat teknologi smartphone dalam memudahkan pekerjaan. Aplikasi ini menampilkan informasi dan peta lokasi UPT dan UPTD yang ada di seluruh Indonesia pada kementerian tersebut. Cara penggunaannya sangat mudah sekali, yang pertama dilakukan user memilih/mencari UPT atau UPTD yang diinginkan pada textbox search. Setelah diklik akan keluar informasi tentang UPT/UPTD tersebut seperti profil, alamat, no. telp, fax, website dan yang menjadi focus utama adalah peta lokasi. Peta lokasi UPT/UPTD dapat tampil setelah pengguna menekan tombol Peta lokasi dan ada fitur menarik yaitu direksi atau petunjuk arah, yang memudahan pengguna bisa tahu jalur dan cepat mencapai tujuan.

1 komentar: