Selasa, 16 Oktober 2012

Tugas Konsep Sistem Informasi Lanjut: Studi Kasus Mengenai SCM Perusahaan Biskuit Kaleng ‘HenKrenyez’

Perusahaan ‘HenKrenyez’ merupakan sebuah perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pembuatan dan pengolahan makanan ringan atau biskuit dalam kaleng. Dalam hal mendapatkan bahan baku dan bagaimana perusahaan tersebut memasarkan produknya ke dalam dan luar negeri. Agar dapat sampai ke tangan konsumen maka perusahaan ‘HenKrenyez’ ini membutuhkan beberapa rekan bisnis untuk menunjang kegiatan produksi dan pemasaran produknya. Dalam hal produksi perusahaan ‘HenKrenyez’ ini membutuhkan beberapa bahan baku, di antaranya:
  1. Perusahaan pembuat tepung terigu sebagai bahan baku utama pembuatan biskuit.
  2. Penghasil garam sebagai bahan tambahan pembuatan biskuit.
  3. Penghasil telur ayam sebagai bahan tambahan pembuatan biskuit.
  4. Perusahaan pembuat gula sebagai bahan tambahan pembuatan biskuit.
  5. Perusahaan mentega sebagai bahan tambahan pembuatan biskuit.
  6. Penghasil susu sebagai bahan tambahan pembuatan biskuit.
  7. Perusahaan perisa makanan sebagai bahan tambahan pembuatan biskuit.
  8. Penghasil alumunium yang akan digunakan sebagai kaleng biskuit.
  9. Perusahaan pembuat Oven sebagai alat produksi pembuatan biskuit.
  10. dan perusahaan packaging untuk pengepakkan barang.
            Selain itu perusahaan ‘HenKrenyez’ tersebut juga membutuhkan pabrik untuk membuat dan mengolah bahan baku yang telah diperoleh menjadi biskuit dan setelah itu masuk ke tahap pengemasan dan pengepakkan barang. Setelah produk biskuit kaleng ‘HenKrenyez’ dikemas maka selanjutnya didistibusikan kepada konsumen secara tidak langsung, yang mana perusahaan tersebut membutuhkan alat distribusi seperti perusahaan penyewaan modil box, perusahaan jasa antar barang ke luar negeri sekalu distributor sebagai rekan bisnis yang bertugas mendistribusikan produknya ke pasar lokal dan international mulai dari agen, swalayan supermarket, dan toko kecil atau eceran barulah sampai ke tangan konsumen.
Berikut merupakan gambaran dari SCM Perusahaan biskuit kaleng ‘HenKrenyez’ :





Pertanyaan
  1. Dari mana anda mendapatkan sumber bahan baku anda? Bahan baku dperoleh dari perusahaan Bogasari untuk bahan baku tepung terigu, perusahaan Gulaku untuk bahan baku gula, distributor atau pemasok garam untuk kebutuhan garam, distributor telur, perusahaan Indomilk untuk kebutuhan susu, perusahaan Fona untuk perisa makanan, Perusahaan Blueband untuk mentega, Perusahaan Maspion untuk Oven yg digunakan untuk memproduksi biskuit dan prusahaan Luxindo dalam hal pengepakkan barang.
  2. Di mana anda memproses atau mengolah produk anda? Produk biskuit diolah pada pabrik biskuit kaleng ‘HenKrenyez’.
  3. Saluran distribusi apa yang anda gunakan? Saluran distribusi darat, laut dan udara. Apabila barang dikiirim hanya untuk wilayah lokal atau dalam negeri dikirim menggunakan mobil box, mobil-mobil tersebut merupakan mobil sewaan dari perusahaan penyewaan mobil. Apabila barang dikirim keluar negeri atau international dikirim melalui perusahaan jasa pengiriman barang ke luar negeri ‘Fedex’.
  4. Bagaimana anda membangun hubungan yang kuat pada pemasok dan pelanggan anda? Senantiasa membangun dan membina kepercayaan pemasok dan pelanggan begitu juga dengan konsumen dan juga meningkatkan kualitas barang, mempercepat proses pengiriman barang, memberikan diskon atau bonus kepada pemasok dan pelanggan/konsumen dengan ketentuan, dan juga dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.
  5. Bagaimana Anda Mendapatkan informasi langsung dari konsumen akhir anda? Dengan cara mngumpulkan data dari hasil penjualan produk dan survey ke lapangan langsung. Jika ada keluhan, kritik atau saran yang ingin diberikan konsumen kepada perusahaan bisa melalui website resmi perusahaan.
  6. Apa struktur logistik yang anda targetkan? Kualitas bahan baku menjadi yang utama untuk meningkatkan kualitas produk itu sendiri
  7. Bagaimana anda mengkoordinasikan informasi arus dan sistem global? Dengan cara melakukan analisis data dan sistem secara berkala dan selalu mengikuti perkembangan teknologi informasi dan juga selalu mencari informasi tentang pasar dan juga memperluas mitra kerja.
  8. Bagaimana anda menyiapkan sistem insentif untuk semua mitra anda dalam rantai pasokan untuk mengoptimalkan kinerja secara keseluruhan? Dengan cara mempersiapkan para ahli untuk membangun sistem dengan baik dan menetapkan standarisasi bahan baku dan juga produk yang sudah jadi sesuai dengan kebutuhan di lapangan nantinya. Misalkan produk yang dijual di luar negeri kualitasnya lebih baik dan harganya lebih mahal ketimbang produk yang dipasarkan di dalam negeri.

Nama: Hendry Setiadi
NPM: 10109078
Kelas: 4 KA 15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar