Kamis, 25 Oktober 2012

Tugas 2 Konsep Sistem Informasi Lanjut : Compiere (ERP Software)


Compiere merupakan sebuah aplikasi atau perangkat lunak terbuka (open source) yang digunakan untuk mengatur dalam kegiatan ERP (Enterprise Resource Planning) pada perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa. ERP itu sendiri merupakan sebuah perencanaan dan proses untuk memanaj sumber daya yang dimiliki perusahaan dan semua yang berkaitan dengan perusahaan tersebut serta untuk menjalankan produksi, distribusi serta operasi pada suatu perusahaan, dan ERP juga membawahi atau menangani customer, gudang, karyawan dan vendor.
Untuk mengelola ERP namun dengan modul yang lebih kompleks dapat menggunakan aplikasi atau perangkat lunak SAP (Systems, Applications, and Products in Data Processing) namun aplikasi tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit dalam hal penggunaan aplikasi dan perawatannya. SAP biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang berpenghasilan milyaran atau lebih untuk mengelola ERP mereka.
Compiere dilengkapi dengan beberapa fitur, semisal Inventory Management, Purchasing, Sales Order, Account Payable, Account Receivable dan General Ledger sebagai pondasinya. Didukung dengan kemampuan multi currency, multi company dan multi language, Compiere sangat cocok bagi perusahaan-perusahaan berbentuk group of companies, yang lazim di Indonesia.
Compiere.com mengklaim bahwa software compiere ini dapat menyediakan solusi bagi perusahaan-perusahaan, instansi pemerintah, dan organisasi nirlaba dengan akses mudah, fleksibel, biaya rendah untuk fungsionalitas yang kaya dan modul yang kompleks untuk mengelola semua distribusi, keuangan, penjualan, dan proses layanan. Dengan Compiere, pelanggan dapat dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka dengan pemrograman yang minimal.
 Berikut di bawah ini merupakan gambar keterkaitan antara customer, gudang dan vendor dalam ERP :
2.         Customer Relationship Management (CRM)
CRM atau manajemen hubungan pelanggan merupakan sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi. CRM melingkupi semua aspek yang berhubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini, termasuk di dalamnya adalah pusat panggilan (call center), tenaga penjualan (sales force), pemasaran, dukungan teknis (technical support) dan layanan lapangan (field service). CRM ini juga berfungsi untuk mengelola data pelanggan dan partner bisnis, mengatur berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pelanggan seperti penjualan, surat-menyurat, pengiriman brosur atau iklan dan lain-lain.

3.         Beberapa Form yang ada pada Compiere, di antaranya :
1.    Business Partner
Form Business Partner digunakan untuk mengelola data entitas seperti vendor, customer, karyawan, dan lain-lain yang diperlukan dalam kegiatan bisnis sebuah perusahaan dengan kata lain form ini digunakan untuk mengelola data partner bisnis pada sebuah perusahaan. Berikut di bawah ini merupakan gambar dari Form Business Partner :


2.    Production
Form Production digunakan untuk mengelola data produksi pencakup deskripsi produksi, perencanaan produksi, organization dan lain sebagainya. Berikut di bawah ini merupakan gambar dari Form Production :

 
3.    Sales Order
Form Sales Order digunakan untuk mengelola data penawaran dan pemesanan barang yang dipesan oleh pihak customer atau pelanggan. Berikut ini gambar Form Sales Order :

4.     Shipment (Customer ).
 Form Shipment (Customer) digunakan untuk mengelola data yang menyakut tentang pendistribusian barang-barang kepada pihak konsumen. Berikut ini gambar Form Shipment :

 Sumber : http://www.compiere.com/
Sumber Gambar : compiere

Nama  : Hendry Setiadi
NPM  : 10109078
Kelas  : 4 KA 15


Tidak ada komentar:

Posting Komentar