Minggu, 17 Juni 2012

Sejarah Android


Assalamu’alaikum wr.wb.
Salam Bloggger. Apa kabar semua? Semoga selalu baik dan luar biasa. Nah Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit mengulas tentang Android. Mungkin kata android sudah tidak asing lagi ditelinga kita semua, khususnya bagi kita kaula muda dan mahasiswa. Banyak sekali manfaat dari Android itu sendiri bukan, memang sistem operasi untuk mobile yang satu ini memang sedang hangat hangatnya diperbincangkan, smarthphone yang bersistem operasi Android ini pun mulai ramai bermunculan dari yang super duper mahal sampai yang harganya terjangkau pun ada. Hmm ya begitu ada harga ada rupa dan kualitas pun berbeda.

Tetapi pada kesempatan ini saya bukan ingin menjelaskan tentang sistem operasinya melainkan Sejarah terciptanya Android ini. Tak kenal maka tak sayang bukan, mari kita simak dengan seksama ya.

Sejarah Android bermula pada Juli 2005, Google memasuki Android Inc. sebuah perusahaan baru berkembang yang bergerak di bidang aplikasi ponsel. Perusahaan ini berbasis di Palo Alto California Amerika Serikat. Pendiri Android Inc. salah satunya adalah Andy Rubin yang saat ini menjadi direktur Google Mobile Platform. Rumor pun berkembang bahwa Google berencana untuk masuk ke pasar ponsel meski belum diketahui akan seperti apa andil Google di dunia ponsel.

Di Google, tim yang dipimpin oleh Andy Rubin mengembangkan platform perangkat bergerak dengan dasar kernel Linux yang dipasarkan kepada produsen handset dan layanan telekomunikasi. Saat itu beredar kabar bahwa Google telah memiliki jajaran komponen hardware dan partner software serta memberi tanda kepada penyedia layanan telekomunikasi bahwa yang mereka tawarkan bersifat terbuka. Spekulasi sasaran Google untuk ponsel pun semakin berkembang bahwa mereka akan segera mengumumkannya di bulan Desember 2006. Kemudian September 2007, Google diketahui sedang mengajukan hak paten di bidang telepon selular. Pada 5 November 2007 baru Android resmi di rilis dengan dibentuknya Open Handset Alliance (OHA) untuk pusat pengembangannya.


Perangkat pertama yang menjalankan Android adalah smartphone yang dikembangkan oleh HTC Dream atau TMobile G1, yang secara resmi diluncurkan pada 23 September 2008. Penjualan perangkat ini di pasar AS dimulai pada bulan Oktober 2008. Segera setelah itu beberapa produsen smartphone juga mengumumkan niat mereka untuk merilis perangkat berdasarkan platform Android.

Google Android tidak hanya diatur di smartphone, platform ini juga cocok untuk netbook. Jadi beberapa produsen netbook seperti Asus, MSI, Dell dan Acer segera mengumumkan rilis perangkat berdasarkan platform mobile dari Google.

Nah itulah sejarah dari sistem operasi Android yang sekarang ini sudah dapat kita gunakan bersama-sama. Tidak mudah bagi mereka untuk menciptakan sebuah sistem operasi yang handal dan sesuai keinginan pasar, akan tetapi mereka telah mendapatkan semua itu. Sekian dari tulisan ini semoga bermanfaat. Wassalamu’alaikum wr.wb.

Sumber:
Gambar: Google.co.id

1 komentar:

  1. terima kasih atas informasi yang sudah di berikan

    BalasHapus